Kamis, 05 November 2015


manfaat berkunjung keperpustakaan ....

Tujuan dan Manfaat Perpustakaan

A. Tujuan Perpustakaan
1. Tujuan Umum.
            Penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah di harapkan dapat membantu murid-murid dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menunjang proses belajar mengajar, agar dapat menunjang proses belajar mengajar maka dalam pengadaan buku pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah. Selera para pembaca yang dalam hal ini adalah murid-murid.

2. Tujuan Khusus.
            1. Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membackhususnya serta
                 mendayagunakan budaya tulisan dalam sektor kehidupan.
            2. Mengembangkan minat untuk mencari dan mengelolah serta memanfaatkan informasi.
            3. Mendidik murid agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan bacaan secara tepat      
     dan berhasil guna.
            4. Meletakkan dasar-dasar kearah belajar mandiri.
            5. Memupuk minat dan bakat.
            6. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalahmasalah yang dihadapi
     dalam kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri. Dengan demikian jelas       
     bahwa  tujuan diselenggarakan
     perpustakan bukan sekedar menyimpan dan mengumpulkan bahan
     pustaka akan tetapi perpustakaan diharapkan bagi siswa mampu
     mengembangkan daya pikirnya dan hasil membaca yang diperoleh
     dari bahan pustaka yang ada di perpustakaan.



B. Manfaat Perpustakaan
            Perpustakaan tampak bermanfaat apabila benar-benar mempelancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di sekolah indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tingginya prestasi muridmurid, tetapi lebih jauh lagi antara lain adalah murid-murid mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi murid-murid terbiasa belajar mandiri, murid-murid telah terlatih kearah tanggung jawab, murid-murid selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan sebagainya secara terinci, manfaat perpustakaan sekolah baik yang diselenggarakan di sekolah dasar maupun di sekolah menegah adalah sebagai berikut:
1. Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid-murid
    terhadap membaca.
2. Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar muridmurid.
3. Perpustakaan sekolah dapat menanamkan kebiasaan balajar mandiri
     yang akhirnya murid-murid mampu belajar mandiri.
4. Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik
     membaca.
5. Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecepatan
     berbahasa.
6. Perpustakaan sekolah dapat melatih murid-murid ke arah tanggung
     jawab.
7. Perpustakaan sekolah dapat mempelancar murid-murid dalam
    menyelesaikan tugas-tugas sekolah



A.       Pengertian Perpustakaan
           Menurut Hendyat Soetopo (1982:173) perpustakaan sekolah adalah “perpustakaan yang diselenggarakan di Sekolah bermaksud untuk menunjang program belajar dan mengajar di lembaga pendidikan formal”.
           Menurut Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan (dalam Bambang Hartoyo, 2012) perpustakaan adalah “institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka”.
           Menurut Sulistyo (dalam Patricia Marcella, 2012) perpustakaan diartikan “sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual”.
           Berdasarkan pengertian-pengertian perpustakaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan adalah suatu institusi yang menyimpan dan mengelola berbagai informasi dalam bentuk apapun untuk menunjang kebutuhan penggunanya.
B.                 Tujuan Perpustakaan
Menurut Wiwin (2012) terdapat dua tujuan perpustakaan, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
1.    Tujuan Umum
Penyelenggaraan perpustakaan bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan diharapkan dapat membantu peserta didik menyelesaikan tugas-tugas.2.    Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus perpustakaan adalah sebagai berikut:
a.    Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan dalam sektor kehidupan.
b.    Mengembangkan minat untuk mencari dan mengelola serta memanfaatkan informasi.
c.    Mendidik peserta didik agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan bacaan secara tepat dan berhasil guna.
d.   Meletakkan dasar-dasar kearah belajar mandiri.
e.    Memupuk minat dan bakat.
f.     Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri.
Sementara, menurut Hendyat Soetopo (1982:173) tujuan perpustakaan antara lain:
1.    Agar timbul kecintaan terhadap membaca, memupuk kesadaran membaca dan menanamkan kebiasaan membaca
2.    Membimbing dan mempercepat proses penggunaan teknik membaca
3.    Memperluas dan memperdalam pengalaman belajar
4.    Membantu perkembangan percakapan bahasa dan daya pikir murid
5.    Dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka secara baik
6.    Memberikan dasar-dasar kemampuan penelusuran informasi
7.    Memberikan dasar-dasar kemampuan kearah studi sendiri
C.       Fungsi Perpustakaan
Fungsi-fungsi perpustakaan diantaranya:
1.    Sebagai pusat belajar mengajar
Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dapat dilakukan dengan kelengkapan koleksi bahan pustaka yang berasal dari perpustakaan sekolah.
2.    Sebagai pusat penelitian dan telaah kepustakaan
Peserta didik dapat mengadakan penelitian literatur di perpustakaan dan mengadakan telaah pustaka.
3.    Sebagai pusat ilmu pengetahuan
Dalam koleksi bahan pustaka yang tersimpan di perpustakaan, tersimpan juga ilmu pengetahuan.
4.    Sebagai pusat rekreasi
Peserta didik dapat memanfaatkan koleksi bahan pustaka yang mempunyai muatan rekreatif sebagai sarana rekreasi.
5.    Sebagai pusat apresiasi dan kreasi
Dengan mengkaji koleksi bahan pustaka perpustakaan, peserta didik akan dapat menghargai karya orang lain.
D.        Jenis-jenis Perpustakaan
            Menurut Fadly (2011) terdapat beberapa jenis perpustakaan, antara lain:
1.    Perpustakaan Internasional
Perpustakaan Internasional adalah perpustakaan yang didirikan oleh dua negara atau lebih atau yang didirikan oleh organisasi Internasional.
2.    Perpustakaan Nasional
Fungsi utama perpustakaan nasional adalah penyimpanan semua bahan pustaka yang tercetak dan terekam yang diterbitkan di suatu negara.
3.    Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh dana umum dengan tujuan melayani masyarakat umum.
Kelompok yang dikategorikan sebagai perpustakaan umum, yaitu:
a.    Perpustakaan Wilayah
Adapun tugas perpustakaan wilayah adalah:
1)   Mengumpulkan dan menyusun bahan pustaka.
2)   Memberikan pelayanan dan pendayagunaan bahan pustaka.
3)   Menggunakan jasa referns artinya memberikan jawaban atas segala pertanyaan yang masuk keperpustakaan wilayah.
4)   Memelihara bahan pustaka.
5)   Membantu pelaksanaan bimbingan teknis perpustakaan.
b.    Perpustakaan Propinsi
Jenis perpustakaan ini hanya terdapat di Sulawesi Utara.
c.    Perpustakaan Umum Kotamadya
Merupakan perpustakaan umum yang dikelola kotamadya.
d.   Perpustakaan Umum Kabupaten
Dikelola oleh kabupaten.
e.    Perpustakaan Umum Kecamatan
Perpustakaan ini terdapat di kecamatan.
f.     Perpustakaan Umum Desa
Dikelola oleh swadaya masyarakat desa.
g.    Perpustakaan Umum Cacat Netra
h.    Perpustakaan Umum untuk masyarakat sesuai dengan usia
i.      Perpustakaan Keliling
4.    Perpustakaan Pribadi
Perpustakaan pribadi adalah perpustakaan yang dikelola oleh pihak swasta dengan tujuan melayani bahan pustaka bagi kelompok, keluarga, atau individu tertentu.
5.    Perpustakaan Khusus
Perpustakaan khusus adalah perpustakaan milik sebuah departemen, lembaga negara, penelitian, organisasi massa, militer, industri, maupun perusahaan swasta. Yang termasuk dalam kelompok perpustakaan khusus, antara lain:
a.    Perpustakaan departemen dan lembaga negara non departemen
b.    Perpustakaan bank
c.    Perpustakaan surat kabar dan majalah
d.   Perpustakaan industri dan badan komersial
e.    Perpustakaan lembaga penelitian dan ilmiah
f.     Perpustakaan perusahaan
g.    Perpustakaan militer
h.    Perpustakaan organisasi massa
6.    Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung dalam sebuah sekolah yang dikelola oleh sekolah yang bersangkutan untuk mencapai tujuan pendidikan secara umum.
7.    Perpustakaan Perguruan Tinggi
Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang terdapat di lingkungan Perguruan Tinggi, badan bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan Perguruan Tinggi, dengan tujuan utama membantu Perguruan Tinggi mencapai tujuannya.
E.                 Manfaat Perpustakaan Bagi Peserta Didik
Secara terperinci, manfaat perpustakaan bagi peserta didik adalah sebagai berikut:
1.        Perpustakaan dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik
2.        Perpustakaan dapat menimbulkan kecintaan terhadap membaca kepada peserta didik
3.        Perpustakaan dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik
4.        Peprpustakaan dapat memperkaya pengalaman belajar peserta didik
5.        Perpustakaan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik
6.        Perpustakaan dapat melatih peserta didik untuk bertanggung jawab
7.        Perpustakaan dapat membantu peserta didik dalam hal menyelesaikan tugas
F.                 Langkah Menarik Minat Baca Peserta Didik Terhadap Perpustakaan
Berikut adalah langkah-langkah menarik minat baca peserta didik terhadap perpustakaan:
1.        Selalu memperbarui koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan
2.        Menyediakan fasilitas komputer agar peserta didik dapat dengan mudah mencari bahan pustaka yang ingin dicarinya
3.        Terdapat pustakawan (tenaga perpustakaan) yang ramah, terdidik, bertanggung jawab, dan profesional
4.        Membuat ruang perpustakaan agar bisa menjadi tempat yang senyaman mungkin bagi peserta didik
5.        Perpustakaan juga menyediakan bacaan yang menghibur tapi tetap edukatif, seperti majalah pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar